Senin, 05 Agustus 2013

Konsep Negara-Negara dalam Dunia Naruto

Latar Belakang
Naruto adalah salah satu cerita kartun animasi dari Jepang yang sangat populer, setiap minggunya jutaan komik terjual dan jutaan orang mengunduh videonya melalui berbagai sharing sites di internet secara gratis. Otomatis Naruto bisa dikatakan sejajar dengan komik-komik lain seperti Detective Conan and Bleach walau baru membooming pada tahun 2005.
Kishimoto (author) pertama kali meluncurkan komik pendek yang suatu hari nanti menjadi Naruto pada bulan Agustus 1997. Kisah Naruto adalah tentang seorang anak yang “terbuang” karena memiliki monster ekor sembila didalam dirinya. Anak ini memiliki yang sangat besar yakni menjadi Hokage (ketua desa ninja) walau semua orang takut dan membencinya karena pada dirinya ada monster yang pernah menyerang desa 15 tahun silam (dihitung dari waktu Naruto Shippuuden).
Penulis komik ini adalah Masashi Kishimoto, seorang Jepang yang lahir pada tanggal 8 November 1974 yang namanya begitu mencuat setelah menciptakan komik Naruto. Karya yang ia rilis sejak tahun 1997 ini telah mengantarkannya sebagai salah satu komikus terkaya dan terkenal disuianya yang masih relatif muda. Kishimoto mengambil setting tempat tersering di Negara Api, tepatnya di desa Konohagakure dimana Naruto dan klan nya, Senju, dilahirkan.
Dalam dunia Naruto ada beberapa negara dan desa-desa sebagai berikut:
Negara-negara:
1. Negara Api adalah negara terbesar dan terkuat dalam dunia Naruto yang memiliki ninja-ninja terkuat dari klan Senju dan Uchiha juga memiliki monster berekor sembilan yang tersimpan dalam diri Naruto. Pemimpin Negara Api adalah Daimyo Api.
2. Negara Air adalah adalah negara yang termasuk kuat dan memiliki Desa Kirigakure yang letaknya di pulau-pulau kecil dan dikelilingi laut.
3. Negara Suara adalah negara tetangga Negara Api yang masih sangat baru dan didirikan oleh Orochimaru setelah ia dan pasukannya menginvasi Negara Pertanian Padi dan mendirikan Negara Suara.
4. Negara Tanah ada dibarat laut Negara Api dan termasuk negara yang lemah.
5. Negara Petir adalah salah satu dari lima negara besar yang dipimpin oleh Daimo Petir.
6. Negara Angin adalah aliansi Negara Api dan merupakan salah satu dari lima negara terkuat.
. Negara Ombak termasuk negara lemah yang meminta bantuan keamanan dari desa Konohagakure
8. Negara Baja adalah negara netral yang memiliki militer kuat tapi tidak memiliki ninja. Negara ini memiliki pasukan Samurai yang dilapisi baja.
9. Negara Salju adalah negara yang tidak terlalu kuat dan pemimpinnya yang tirani pernah dikalahkan oleh tim Naruto dalam satu ekspedisi.
10. Negara Langit adalah negara yang pernah dihancurkan oleh Konohagakure karena menantang lima negara besar akan tetapi orang-orang yang selamat berhasil membangun kembali desa itu dan menjadi besar kembali.
11. Ini adalah beberapa negara minor yang ada: Negara Saus Kacang, Negara Beruang, Negara Burung, Negara Cakar, Negara Iblis, Negara Taring, Negara Hutan, Negara Beku, Negara Madu, Negara Air Panas, Negara Kunci, Negara Gunung, Negara Mie, Negara Sungai, Negara Pasir, Negara Bagu, Negara Rawa, Negara Lembah, Negara Sayuran, Negara Kolam, Negara Kayu, Negara Bulan, Negara Laut dan Negara Roran.
Desa-desa:
1. Amegakure adalah Desa Tersembunyi Dalam Hujan
2. Getsugakure adalah Desa Tersembunyi Dibawah Bulan
3. Hoshigakure adalah Desa Tersembunyi Diantara Bintang
4. Ishigakure adalah Desa Tersembunyi Didalam Batu
5. Iwagakure adalah Desa Batu
6. Jomaegakure adalah Desa Kunci yang terletak di Negara Kunci
7. Kagerogakure adalah adalah Desa Aliran Panas yang terletak di Negara Gunung
8. Kirigakure adalah Desa Tersembunyi Didalam Kabut yang terletak di Negara Air
9. Konohagakure adalah Desa Tersembunyi Diantara Daun. Desa ini dipimpin oleh Hokage dan memiliki pasukan ninja terkuat diantara desa-desa lain. Desa ini telah mencetak ninja-ninja hebat seperti Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke, Uchiha Itachi, Orochimaru, Jiraiya, Tsunade dan Kabuto.
10. Ada beberapa desa-desa lain seperti: Kumogakure, Kusagakure, Mount Myoboku (desa katak), Moyagakure, Otogakure, Shimogakure, Sunagakure, Takigakure, Takumigakure, Taniagakure, Tsuchigumogakure, Tsukigakure, Uzushiogakure, Yugakure, Yukigakure, dan Yumegakure.
Penokohan Uzumaki
Naruto Uzumaki Naruto adalah tokoh utama dalam komik ini dan merupakan anak dari Uzumaki Kushina dan Namikaze Minato. Naruto adalah anak dari Hokage ke Empat (anak kepala desa ke empat) namun identitasnya disembunyikan karena dalam didirinya tersimpan monster ekor sembilan atau Kyubi.Naruto adalah tokoh yang selalu dibenci masyarakat, dijauhi dan ditakuti karena apa yang ada dalam dirinya.
Maka dari itu namanya bukan Namikaze Naruto tapi Uzumaki Naruto untuk menyembunyikan jati dirinya yang sesungguhnya sebagai putra satu-satunya sang Hokage Namikaze Minato. Naruto adalah tokoh sentral dan merupakan pusat emosi dari komik ini, dia memiliki mimpi yang besar untuk menjadi Hokage walau semua orang takut padanya dan mengganggapnya sebagai pengacau karena ia ingin mencari perhatian.
Sejak kecil ia selalu sendiri dan tidak ada orang yang mau mengurusi kecuali Iruka Sensei, guru Naruto di sekolah ninja karena merasa senasib. Karena hal ini Naruto tumbuh menjadi anak yang nakal dan selalu membuat onar.
Naruto memiliki teman yang kelak menjadi tokoh sentral kedua yaitu, Uchiha Sasuke dari klan Uchiha. Keduanya adalah yatim piatu dan bersama dalam tim 7 bersama Kakashi Sensei. Klan Naruto dan Sasuke adalah mantan dua klan yang saling bermusuhan pada perang ninja ke satu, dua dan tiga. Namun setelah perdamaian diperang ke tiga, keduanya membaur dan sepakat untuk mendirikan desa Konohagakure dibawah Negara Api.
Penokohan Naruto juga sangat penting yakni menjadi tokoh yang mendamaikan konflik-konflik dan menghilangkan stereotip antara negara-negara melalui persahabatan yang ia bangun dengan seluruh shinobi dari negara-negara ninja.
Sikap naruto ini pula yang membantu persatuan dalam aliansi lima negara saat perang melawan Akatsuki padahal kelima negara tersebut adalah musuh saat perang dunai ninja satu, dua dan tiga.
Konsep Kenegaraan Dalam dunia Naruto
Ada lima negara besar dan beberapa negara kecil yang tidak banyak diceritakan seperti Negara Besi atau Negara Samurai. Kelima negara ini bersatu dalam aliansi ketika menghadapi musuh bersama yakni Akatsuki. Geng ini mengobarkan perang melawan seluruh negara-negara dan desa-desa ninja yang menciptakan Perang Dunia Ninja ke Empat dengan memperebutkan penguasaan monster berekor.
Setiap negara memiliki Daimyo atau semacam Dewa Tinggi yang memilih siapa yang akan menjadi ketua desa atau Kage disetiap desa yang ada diwilayah kekuasaannya. Di Negara Api, Dewan Tinggi bertugas untuk memilih ketua desa ninja atau Hokage. Karena Hokage memiliki jabatan sebagai kepala kemiliteran dan secara independen memerintah desa tanpa ada intervensi dari Dewan Tinggi dan bebas melakukan ekspedisi militer tanpa harus meminta persetujuan Daimyo.
Hal ini juga sama terjadi di negara-negara lain. Dalam konsep kenegaraan dunia Naruto belum pernah dikenal system internasional bipolar atau unipolar, akan tetapi sekarang telah berubah menjadi bipolar. Hal ini disebabkan karena Akatsuki berhasil mencuri tujuh monster berekor, berarti kini tinggal Negara Api dan Negara Petir yang masih memiliki.
Sistem yang terjadi sekarang adalah bipolar antara aliansi melawan Akatsuki. Sebelum Perang Dunia Ninja ke empat tidak ada persatuan antara negara-negara, yang ada adalah kekhawatiran antar sesama negara akan adanya invasi satu terhadap lainnya. Akhirnya saat Perang Dunia Ninja ke empat yakni perang anatara Akatsuki melawan seluruh dunia ninja, terjadilah persatuan diantara mereka yang dipimpin oleh Raikage atau kepala Negara Petir.
Perang Dunia Ninja 1, 2, dan 3.
Dalam kisah peperangan dunia dalam dunia Naruto sudah ada empat. Perang satu, dua dan tiga adalah perang antara desa antara negara. Desa Konoha melawan desa lain seperti angin dan petir.
Dalam peperangan ini melibatkan monster berekor seperti yang sekarang ada di tubuh Naruto dan efeknya sangat destruktif. Dalam perang ini sangat terlihat perlombaan senjata paling canggih, yakni monster berekor dan setiap desa memiliki satu. Contohnya Negara Api memiliki Kyubi (dalam butuh Naruto) dan Negara Petir memiliki Hachibi (dalam tubuh Killer Bee). Jika dianalogikan pada masa sekarang, monster berekor sama seperti bom atom.Siapa yang memiliki senjata ini, maka ia superior.
Selain senjata ini ada lagi klan keluarga khusus yang sangat efektif dan mematikan yakni Senju dan Uchiha. Kedua klan ini sering disewa oleh negara-negara yang saling berperang, namun setelah berakhirnya Perang Dunia Ninja ke tiga, kedua klan berdamai dan mendirikan Konohagakure dibawah Negara Api.
Persatuan kedua klan ini mengakibatkan Negara Api menjadi negara yang memiliki ninja-ninja terbaik.
Perang Dunia Ninja ke Empat
Dalam peperangan ini melibatkan geng kuat Akatsuki yang telah berhasil mencuri tujuh ekor monster dan memiliki prajurit yang sangat kuat. Geng ini diketuai oleh Uchiha Madara atau Tobi yang kini memiliki kekuatan mata Sharingan dan Rinnegran.
Sharingan adalah mata dari klan Uchiha (seperti yang dimiliki oleh Uchiha Sasuke dan Itachi) sedangkan Rinnegan adalah mata dari klan Uzumaki (seperti klan ibunya Naruto).
Akatsuki sebenarnya dipimpin oleh Orochimaru (kakat tingkat Naruto di Konohamaru yang membelot) namun setelah itu dikudeta oleh Uchiha Madara. Madara mengangkat Uzumaki Nagato atau Pain untuk menjadi pemimpin boneka dan dikendalikan oleh Madara sendiri.
Setelah Pain mati, mata Rinnegan miliknya dicuri oleh Madara dan memasangnya dimata kirinya untuk melengkapi jurusnya. Dalam Perang Dunia Ninja Empat negara-negara lewat mediasi Negara Besi atau Negara Samurai berkumpul, lima Kage dari desa-desa Angin, Api, Petir, Batu dan Kabut.Sementara negara-negara lain yang relatif lemah tetap tidak ikut berpartisipasi dalam peperangan melawan bandit Akatsuki.
Dalam peperangan ini lima negara yang beraliansi dipimpin oleh Raikage atau kepala negara sekaligus kepala desa Petir yang sempat ada ketegangan. Setelah terbentuknya persatuan ini maka peperangan antara lima negara aliansi melawan bandit Akatsuki yang memiliki kekuatan tujuh monster berekor juga ninja-ninja terbaik dari lima negara tersebut yang telah membelot. Sampai saat ini, ini lah cerita terakhir yang baru keluar di Perang Dunia Ninja ke Empat. Belum ada pihak yang dinyatakan menang atau kalah.
Kesimpulan
Cerita Kisah Naruto adalah kisah yang menggabungkan hubungan bernegara yang kompleks dan modern lengkap beserta militerisme dan politik yang kompleks pula.
Penokohan Naruto yang dapat mendamaikan para punggawa negara-negara ninja yang dapat menjadi batu pertama persatuan lima negara saat perang melawan Akatsuki. Inti dari kisah ini adalah terbangunnya negara yang damai dan dunia yang bersatu tanpa ada lagi peperangan antar negara dan kebencian. Semuanya berlandaskan pada pertemanan dan rasa saling mengerti dan memahami antara negara-negara, ninja-ninja, desa-desa dan warganya.
Komik Naruto juga menceritakan betapa buruknya peperangan hingga setiap orang harus menghindarinya dan jauh-jauh dari segala sesuatu yang bisa menyulut api peperangan. Komik sangat menarik dan bisa menjadi sarana hiburan sekaligus pelajaran bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar