Rabu, 10 Juli 2013

Waspada Penipuan Di Situs Jual Beli Online

ati-hati bagi Anda yang tertarik pada transaksi secara online, belakangan ini juga telah banyak situs jual beli online. Situs ini menyediakan tempat bagi para penjual yang akan menawarkan barang-barang tertentu, dan di sisi lain disajikan untuk pengunjung yang mencari dan akan membeli suatu barang.
Seharusnya sistem seperti ini memang memudahkan bagi kedua belah pihak, baik dari segi penjual atau pembeli. Tetapi kemudahan tersebut kali ini telah dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab yang menayangkan barang jualan palsu.
Waspada..Penipuan Di Situs Jual Beli Online
Beberapa hari yang lalu, saudara saya terkena masalah penipuan jual beli online ini. Padahal saudara saya mendapatkan informasi barang jual online tersebut melalui situs jual beli yang cukup ternama (sudah terbit iklannya di televisi kok..). Memang cukup mengecewakan bahwa hal tersebut masih saja belum bisa di filter oleh pihak situs jual beli online.
Kejadian ini bermula saat saudara saya tertarik dan hendak membeli motor klasik BMW type R25 250cc, dengan harga yang ditawarkan Rp. 23.000.000 (dua puluh tiga juta rupiah). Sedang dipasaran umumnya ditawarkan dengan harga sekitar Rp. 30.000.000 (tiga puluh juta). Karena sudah terpikat harga yang miring itu, saudara saya menyetujui melakukan transfer sebagai tanda jadi (DP) dengan nominal tertentu.
Waspada..Penipuan Di Situs Jual Beli Online
Berlokasi di daerah Ngawi, keesokan paginya kami pun menuju lokasi yang jarak tempuh dari Surabaya-Ngawi berkisar 400Km (5 jam). Dan alhasil, setelah sampai di lokasi, memang alamat dan nama penjual (nama: Jayus S.Sos) sesuai tetapi orang tersebut menyatakan bahwa tidak memasang iklan apapun pada situs www.t*k*b*gus.com. Menyesal, kami kembali dengan tanpa hasil. Setelah saya coba cari-cari informasi terkait di Google, ternyata nama penjual dan alamat tersebut sudah banyak di komplain oleh para penulis sebagai penipuan. Bahkan setelah pengecekan di pihak Bank M*nd*ri bisa terlihat banyaknya transaksi (transfer) yang terjadi pada no rekening tersebut.
Dari kejadian yang dialami tersebut, saya coba memberikan wacana untuk para pecinta belanja online. Berikut beberapa tips buat Anda agar lebih waspada terhadap para penipu yang menawarkan barang tertentu melalui situs online :
  1. Pastikan lokasi penjual barang mudah terjangkau, karena modus para penipu ini memberikan lokasi jual yang jauh dari para pembelinya.
  2. Jika penjual meminta transfer uang DP (Down Payment), sudah dipastikan bahwa 90% penjual ini adalah penipu.
  3. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan, pastikan lokasi dan barang penjual benar-benar ada dan sesuai.
  4. Harga yang ditawarkan sangatlah MURAH..!!!!  eitts..tunggu dulu, memang respon tersebut yang diinginkan oleh si penipu.
  5. Ada baiknya Anda telusuri dahulu di Google* nama penjual, lokasi, barang jual apakah pernah dimuat secara online sebagai suatu penipuan. Gunakan kata kunci yang baku seperti contoh berikut: “Jayus(nama) BMW R25(nama barang) Ngawi(lokasi) penipuan(tindakan)”. Penulisan di serch engine tanpa tanda petik dan kalimat dalam kurung.
  6. SITUS JUAL BELI yang ternama pun belum bisa menjadi syarat bahwa Anda telah aman dan terhindar dari para penipu ini. Waspadalah!!
Semoga beberapa tips tadi bisa bermanfaat dan mengingatkan kewaspadaan para pembeli yang menggunakan situs jual beli online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar